Bandung- Era globalisasi saat ini dicirikan sebagai borderless world merupakan era yang bergantung dengan teknologi informasi sebagai salah satu ruang untuk melakukan berbagai aktifitas, kompleksitas dalam dunia siber menjadi sangat nyata adanya, banyaknya fenomena sadfishing, penyebaran ujaran kebencian hingga isu hoaks tersebar dengan masif di ruang siber. Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Barat melakanakan seminar dan Rakerwil AMSI Jabar 2021 dengan tema “Media Siber di Jabar; Sehat Bisnisnya Berkualitas Kontennya” kegiatan tersebut diadakan secara hybrid melalui zoom meeting. (27/11)

Keberadaan oganisasi seperti AMSI sangat penting perannya dalam upaya menangkal hoaks yang dalam berbagai kasus malah dijadikan komoditas bisnis media, terlebih konten hoaks tersebut mampu dengan cepat menyebar melalui berbagai platform sosial media. Sosial media ini bagaikan pisau bermata dua di satu sisi sebagai sumber informasi dan sarana komunikasi, disisi lain memiliki dampak negatif, terlebih saat ini penggunaan media sosial telah banyak mengubah dunia, membalikkan banyak pemikiran dan teori menjadi sebuah isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Guntur selaku ketua Center for Strategic Policy Studies (CSPS) sebagai salah satu narasumber menyebutkan bahwa media siber sudah seharusnya mampu memenuhi kebutuhan informasi untuk masyarakat luas dengan tetap mengedepankan konten yang akurat dan kredibel. Guntur juga menyebutkan bahwa pentingnya sebuah strategi guna mengembangkan dan mempertahankan eksistensi dari media itu sendiri dengan menganalisa dan mengikuti trend, misalnya penggunaan format media, jika dahulu media hanya menggunakan format teks, saat ini trend tersebut telah bergeser dimana pengguna lebih tertarik dengan format yang ditambahkan dengan image, infografis dan lainnya. Hal itu juga merupakan sebuah tantangan media jika ingin tetap eksis. Selain itu media digital juga bisa dijadikan bisnis yang menguntungkan, mulai dari advertising, pengadaan event, pembuatan konten, merchandise, hingga membentuk komunitas member tentunya dengan tetap mengedepankan kualitas dari media itu sendiri.

Pada kesempatan tersebut Guntur juga memberikan apresiasi terhadap Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dan diharapkan kedepannya AMSI dapat menjadi wadah untuk melakukan kolaborasi antar core business media.

LEAVE A REPLY