INDONESIAREVIEW.ID, BOGOR – PT Pegadaian bersama Yayasan Mitra Mikro berkolaborasi dalam program pertanian dan peternakan untuk pengentasan kemiskinan.

Penyerahan bantuan program dilaksanakan Direktur Pegadaian, Eka Pebriansyah, kepada 25 penerima manfaat, keluarga tidak mampu, di kawasan peternakan Intani Farm,  Desa Palasari, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Kamis (9/2/2023). Disaksikan Kepala Desa Palasari Aip Syaripudin, Ketua Umum Insan Tani dan Nelayan (Intani) Guntur Subagja Mahardika, dan Ketua Yayasan Mitra Mikro Aden Budi.

Eka Pebriansyah memaparkan Pegadaian peduli dalam pemberdayaan masyarakat melalui berbagai program yang berdampak sosial tinggi. “Kami berharap program ini dapat meningkatkan kesejahteraan para penerima manfaat,” tuturnya.

Pengembangan peternakan untuk pengentasan kemiskinan ini merupakan bagian program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pegadaian, dalam program ketahanan pangan.

Ketua Umum Intani Guntur Subagja Mahardika mengapresiasi kepedulian Pegadaian dalam pemberdayaan masyarakat melalui sektor pertanian dan peternakan. “Kolaborasi Pegadaian, Mitra Mikro, dan Intani, diharapkan dapat menjadi role model program pemberdayaan berkelanjutan,” tutur Guntur yang juga Pembina Yayasan Mitra Mikro.

Senior Vice President (SPV) TJSL Pegadaian Rully Yusuf memaparkan program peternakan untuk ketahanan pangan ini akan memberikan manfaat selama 5 (lima) tahun sehingga diharapkan dapat membantu dalam pengentasan kemiskinan.

Model peternakan yang dikembangkan adalah budidaya pembiakan (breeding) domba di kandang komunal dengan penerima manfaat masyarakat dhuafa sekitar yang terdaftar dalam Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) Desa Palasari.

“Intani dan Mitra Mikro menyediakan kandang komunal dan melakukan pedampingan kepada masyarakat sehingga menghasilkan domba unggul. Intani juga menjadi off-taker hasil budidaya domba tersebut,” jelas Guntur.

Selain pengembangan peternakan rakyat, Intani menggandeng Pegadaian untuk fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) Syariah Pegadaian bagi petani milenial anggota Kelompok Tani Muda Berkah Desa Palasari. “Kelompok tani ini melakukan budidaya pembibitan durian beragam varietas, dimana daerah ini menjadi pusat bibit durian nasional,” jelas Guntur.

Kepala Desa Palasari Aip Syaripudin menyambut baik program kepedulian Pegadaian, Intani, dan Mitra Mikro terhadap masyarakat Desa Palasari yang sebagian besar adalah petani dan peternak. “Kami menyampaikan terimakasih semoga program berkelanjutan,” paparnya.*

LEAVE A REPLY